VGMC

Bagaimana Nasib Bisnis Investasi VGMC Kedepan?? Apakah Akan senasib Seperti ECMC??

 

Virgin Gold Mining Corporation adalah wadah atau alat atau kenderaan investasi dengan fokus pada eksplorasi emas dan industri pertambangan dan dengan tujuan strategis untuk memaksimalkan nilai aset bersih dan memperluas operasi secara global. VGMC didirikan pada tahun 1999, Virgin Gold Mining Corporation telah berkembang dengan cepat menjadi salah satu eksplorasi emas terkemuka di dunia dan perusahaan-perusahaan pertambangan dan organisasi, yang dinamis dengan jangkauan global dan perspektif internasional.

VGMC Berbasis di Panama, di lepas pantai internasional dengan yurisdiksi bebas pajak, Virgin Gold memanfaatkan berbagai kendaraan lepas pantai untuk memfasilitasi operasi bisnis daratnya. Ini berarti kita dapat menghasilkan pendapatan yang baik dan bebas pajak dividen kepada pemegang saham kami di seluruh dunia.

VGMC saat ini beroperasi di beberapa bagian Afrika dan Amerika Selatan dan difokuskan pada nilai pemegang saham yang berkembang melalui usaha patungan, akuisisi, eksplorasi dan pengembangan skala besar beorientasi pada proyek emas.

(Itulah Sedikit Penjelasan yang Saya kutip dari Web VCMC)

Berikut Saya Share Fakta Yang berhubungan Dengan VGMC, maaf masih belepotan belum saya edit ulang.

Info Dari Web VGMC

Apa Yang Kami Tawarkan
Virgin Gold sedang akan menerbitkan Convertible Preferred Stocks (CPS)/ Saham Preferensi Konvertibel dan mengundang para investor di seluruh dunia yang berminat untuk mengambil penawaran ini. Harga yang ditawarkan mulai dari $0.80/saham pada tanggal 1 Januari 2010 dan akan meningkat secara periodik sesuai dengan nilai aset bersih perusahaan. Penawaran tersebut dapat dibatasi oleh waktu dan kebutuhan modal perusahaan.
Saham Preferensi
Sekalipun saham preferensi tidak menawarkan potensi keuntungan yang sama seperti saham biasa, ini merupakan sarana investasi yang lebih stabil karena menjamin dividen secara rutin yang tidak langsung terikat dengan pasar seperti harga saham biasa. Jenis saham ini menjamin dividen, tidak seperti saham biasa.
Keuntungan lain dari saham preferensi adalah bahwa pemegang saham preferensi akan mendapatkan prioritas saat pembayaran dividen. Apabila perusahaan mengalami likuidasi, para pemegang saham preferensi akan mendapatkan pembayaran lebih dulu daripada pemegang saham biasa. Selain itu, apabila perusahaan bangkrut, para pemegang saham preferensi akan mendapatkan distribusi prioritas atas aset perusahaan; sedangkan para pemegang saham biasa tidak menerima aset korporat sebelum semua pemegang saham preferensi telah dibayar.
Seperti saham biasa, saham preferensi juga mewakili kepemilikan perusahaan. Namun, pemilik saham preferensi tidak memiliki hak suara dalam bisnis.
Convertible Preferred Stock (CPS) / Saham Preferensi Konvertibel
Convertible preferred stock (Saham preferensi konvertibel) adalah jenis saham yang telah mencantumkan harga konversi saat diterbitkan sehingga dapat dikonversi ke saham biasa perusahaan dengan nilai yang telah ditetapkan.
Saham Convertible Preferred Stock Virgin Gold dapat dikonversi ke Saham Umum perusahaan apabila perusahaan memilih meluncurkan Initial Public Offering (IPO) dengan membayar 50% dari selisih antara harga langganan CPS dan harga saham IPO.
Pemegang Saham CPS Virgin Gold akan menerima pembayaran dividen tetap bulanan sebagaimana telah disetujui pada saat berlangganan. Pemegang CPS juga dapat berhenti berlangganan saham dengan memberitahukan 45 hari sebelumnya kepada perusahaan untuk mengembalikan total dana berlangganan.

Ternyata Otoritas Keuangan Panama melarang penjualan CPS ke Publik :

PUBLIC RELEASE
The Superintendencia del Mercado de Valores of the Republic of Panama (hereinafter the “SMV”), in accordance with its legal duty to strengthen and develop the securities market in Panama, in compliance with regulations of the Decree Law No.1 of July 8th of 1999 and its regulation, warns to the public as follows:

1. The company VIRGIN GOLD MINING CORPORATION, registered in the Public Registry of Panama, under microjacket number 356393 of the Mercantile Section is announcing in its website www.vgmc.com an offering of “Convertible Preferred Stocks”.
2. The SMV has not authorized the offering of “Convertible Preferred Stocks”, announced to the general public by The company VIRGIN GOLD MINING CORPORATION, therefore the SMV does not approve this offering.
3. For further information regarding this Release, please contact us by phone at (507) 501-1700, fax (507) 501-1709, or email
info@supervalores.gob.paEsta dirección electrónica esta protegida contra spam bots. Necesita activar JavaScript para visualizarla “> info@supervalores.gob.paEsta dirección electrónica esta protegida contra spam bots. Necesita activar JavaScript para visualizarla .

Julio Javier Justiniani

Chairman

March 23th, 2012.

 

Sumber : http://supervalores.gob.pa/informacion-del-mercado/alerta-al-inversionista/4082-warning–non-authorized-entity–virgin-capital-mining-corporation.html

SuperValores atau SMV adalah lembaga pengawas Perdagangan Berjangka, kalau di Indonesia lembaganya adalah Bappebti

Ada Apa Dengan Panama?? Mengapa Banyak Bisnis Investasi Legalitasnya dari Sana???

Definisi : Offshore Company : Suatu perusahaan luar negri yang ter-registrasi di suatu negara (Contoh Panama) dan melakukan aktivitas di luar negara tempat melakukan registrasi.

Registrasi perusahaan di Panama, seperti yang disebutkan sebelumnya, diatur oleh UU 32 tahun 1927. Sebagai aturan main, hukum di Republik Panama memungkinkan pendaftaran dua jenis perusahaan:

A: Korporasi Onshore: kegiatan usaha (juga) yang dilakukan di Republik Panama – ini berarti misalnya bahwa kesepakatan perusahaan dengan perusahaan Panama, melaksanakan kegiatan manufaktur atau jasa dalam negeri (yang berarti bahwa bagian dari pendapatan mereka dan keuntungan diproduksi di Panama)

B: Korporasi Lepas Pantai (Offsore Company): semua kegiatan bisnis mereka dilakukan di luar Republik Panama. Nama “OFFSHORE” menunjukkan jenis usaha. Dalam hal ini, panama offshore corp dapat membawa pada setiap jenis perdagangan internasional, manufaktur dan kegiatan pelayanan bebas pajak (ya, dengan pajak 0% dibayar), tetapi secara eksklusif di luar Republik Panama. maksudnya disini orang luar seperti dari Indonesia, Malaysia, Hongkong, Singapore bisa membuat perusahan di sini secara legal dengan sarat minimal.

Selanjutnya hak dari Panama Offshore Company :

- Pembukuan tidak wajib
– Pelaporan keuangan tidak wajib
– Kewajiban untuk membayar pajak: 300 USD per tahun (terlepas dari keuntungan sebenarnya perusahaan)
– Identitas pemilik (s) dilindungi oleh hukum yang ketat – tidak mungkin untuk melacak
– Kemungkinan membuka rekening bank di seluruh dunia
– Pendaftaran suatu Offshore Company Panama diperbolehkan untuk setiap individu pribadi atau badan hukum dari setiap negara

Pada saat Offshore Compay melakukan kegiatan yang menghasilkan pendapatan dalam Republik Panama, korporasi menjadi kena pajak, pajak keuntungan coporate yang aprox. 20-30%. Korporasi juga kehilangan statusnya Offshore-nya: baik pembukuan dan pelaporan keuangan menjadi wajib terhadap Otoritas Publik Panama.

Oleh karena itu, hukum Panama sendiri membuat Registrasi korporasi Offshore Company Panama mungkin dalam kondisi seperti itu tidak hanya menutupi identitas pemilik sebuah Offshore Company Panama, tetapi juga membebaskan mereka dari semua ganguan serta menjaga pelaksanaan pekerjaan pendaftaran perusahaan.

Beberapa fakta menarik tentang Pendaftaran korporasi Offshore Comany Panama:
– Definisi bisnis tidak perlu – Offshore Company Corp. bebas memilih kegiatan usahanya
– Tidak wajib untuk memiliki bisnis lokal atau perwakilan hukum
– Tidak ada karyawan lokal yang diperlukan
– Tidak ada rekening bank lokal diperlukan -Offshore Company Corp. dapat membuka rekening bank di mana saja di Dunia
– Minimum modal disetor tidak diperlukan
– Offshore Company Corp. terdaftar dengan modal dari 10.000 USD (jumlah ini tidak harus disetor baik di korporasi maupun nanti)
– Offshore Company Corp. didaftarkan oleh dua warga negara Panama, yang sekaligus mengundurkan diri kepemilikan dan transfer ke pemilik sebenarnya, yaitu Anda
– Pemegang saham dapat menjadi salah seseorang atau badan hukum tunggal
– Dewan direksi perlu setidaknya 3 orang (Direktur Utama, Direktur Sekretaris dan Bendahara Direktur)
– CATATAN: semua perusahaan yang berhubungan dengan tindakan / bisnis / kontrak harus ditandatangani oleh Presiden atau Sekretaris. Hal ini penting ketika Anda harus memilih posisi untuk diri sendiri dengan benar agar dapat menandatangani semua dokumen yang diperlukan pada Anda sendiri di masa depan. Dalam sebagian besar kasus salah satu dari tanda tangan direksi tersebut ‘sudah cukup untuk memiliki kontrak resmi disetujui.
– Pertemuan dewan dapat diselenggarakan di mana saja di dunia,bahkan di telepon
– Pendaftaran Offshore Company Corp. membutuhkan 4-5 hari kerja
– Semua kertas perusahaan yang bersangkutan dan dokumen yang disampaikan dalam waktu 20 hari kerja ke pemilik

Beberapa contoh negara yang mengeluarkan ijin untuk registrasi Perusahaan maupun lembaga keuangan yang bersifat Offshore Company : Panama, malta, Bermuda, New Zealand, Samoa, Mauritus, Cayman Island, British Virgin Island, Isle of Man, Monaco, Hongkong, Marshal Islands.

Jadi bagi yang mau investasi harus hati-hati dan jeli bila akan berinvestasi di Perusahaan baik korporasi maupun Lembaga Keuangan seperti Broker Company, Fund manager. Harus betul betul mengetahui segala perijinan dan regulator yang menjamin-nya ..

Karena dari banyak kasus investasi yang bermasalah berawal dari mulai ijin yang tidak jelas. Jadi bila ada suatu perusahaan/korporasi teregistrasi disini kita tidak tahu persis siapa pemiliknya karena mereka sudah memproteksi status kepemilikian perusahaan tersebut ..

Offshore Company
Tapi utk terminologi legalitas perusahaan memakai istilah onshore dan offshore company juga. .
Perusahaan Onshore teregistrasi di negara tersebut boleh melakukan kegiatan di negara tsb dan tunduk dgn aturan dan hukum negara tersebut.
Perusahaan offshore teregistrasi di negara tsb tapi tidak boleh melakukan kegiatan di negara tsb. Tidak tunduk sama aturan dan hukum negara tsb. Otoritas hanya bisa me-warning dan melarang bila ada indikasi kecurangan penipuan dan kejahatan.
Hampir semua BO yang colaps 90% adalah perusahaan Offshore … yahh begitulah perusahaan offshore yang melakukan hanya boleh beroperasi kegiatannya di luar negara tempat mereka melakukan registrasi perusahaannya. Didalam negara tempat mereka melakukan registrasi tidak boleh melakukan kegiatan operasi .. kalo hanya kantor saja Perwakilan masih boleh.
Secara hukum mereka legal semua dan mereka bisa membuat account di seluruh dunia
tapi tidak semua perusahaan offshore bermasalah .. tapi High Risk …
Otoritas di negara tersebut hanya bisa memperingatkan dan melarang terhadap para investor perusahaan terindikasi kecurangan atau kejahatan. Dan bila itu terjadi perusahaan offshore tidak dapat di sentuh oleh secara hukum sedikit oleh negara yg menganut paham tersebut atau membolehkan Perusahaan offshore beroperasi di sana… Sudah begitu pemilik sebenarnya atau saham terbesarnya tidak diketahui ..
Semuanya dikembalikan ke lagi ke investor tentang kelayakan perusahaan tersebut tempat investasi yang aman.
Negara yang menganut system ini contohnya adalah : Panama, malta, BVI (British Virgin Island), Caymand Island, New Zealand, Samoa, Pantai Gading, Rusia, Giblartar, .. dll.
Ujung-ujungnya yg dirugikan adalah investor itu sendiri , karena tidak bisa menuntut siapapun.

Untuk contoh kasus di Indonesia .. siapa yang bisa di tuntut ? pimpinan yang melakukan BO di indonesia satupun tidak ada yang bisa di tangkap …
Sedangkan perusahaan seperti Godaddy, Directi, Publicdomainregistry memiliki ribuan domain dot com yang sudah teregistrasi.. dan umurnya lebih dari 15 tahun … bila seseoran ingin membeli domain tersebut tinggal pilih dan kepanjanganya terserah kita …
contoh cek ..
http://indonesia.com

itu web tidak ada yang punya .. yg punya nya ya .. penjual domain tersebut ..
Terus whois di ling bawah :

http://whois.domaintools.com/indonesia.com

Coba lihat Indonesia.com register tahun 1995 …
Sudah lebih dari 15 tahun ..
whois indonesia.com

Beberapa BO yang colaps sebetulnya sudah di larang dan di warning oleh otoritas seperti malaysia dan sigapore .., karena mereka tidak menganut system offshore company .. termasuk indonesia .. Karena mereka menggalang pengumpulan dana tanpa sepengatuhan otoritas keuangan negara masing masing .. sperti bapepam dan BI .. semua yang berhubungan dgn adanya praktek pengumpulan dana harus lapor ke otoritas keuangan ..
Contoh Malaysia :
cek link bawah http://www.bnm.gov.my/documents/2012…ert_listEN.pdf
EASTCAPE Mining no 13, dan VGMC no 74

Singapore Cek link
http://www.mas.gov.sg/en/IAL.aspx?sc_p=V

Indonesia EASTCAPEMC dan VGMC baru di pantau .. oleh bapepam-LK ..
Kasihan orang endonesia .. regulator kurang sigap selalu yang terakhir dan
nuggu dulu banyak koban..

sedangkan di negara yg menganut paham membolehkan offshore company tidak diharuskan melaporkan kegiatan atau pelaporan pembukuan keuangan mereka ..
jadi kesimpulannya HIGH RISK sekali …
Lihat lah pengalaman sodara saudara kita .. semuanya juga tiga bulan sebelum colaps merasa paling benar aman kuat stabil…, setelah colaps
SYOK ..

Sumber : 2eyes2ears.blogspot.com
Perusahaan ini dengan singkatan VGMC benar-benar adalah sebuah perusahaan tanpa wujud yang jelas. Dan, yang paling saya takutkan, adalah sebuah usaha menipu habis penduduk Indonesia yang naif, ingin cepat kaya.
Dengan mudah anda bisa mencari bukti bahwa perusahaan ini sangat diragukan. Di internet informasi tentang mereka telah lama beredar dan anda akan temukan banyak sekali orang-orang yang telah “berteriak” memperingatkan anda tentang bahaya perusahaan ini. Salah satu contohnya saya berikan di sini. Tautan ini berasal dari sebuah forum di Panama, negara di mana perusahaan itu diklaim berasal.
http://www.panamaforum.com/business-…tion-scam.html

Yang akan saya jelaskan berikut ini tidak berhubungan dengan “keunikan” konsep investasi mereka yang konon akan membawa kekayaan kepada para investor (baca: korban) mereka. Penjelasan ini didasarkan pada fakta-fakta sederhana yang tidak mereka miliki seandainya mereka adalah sebuah perusahaan yang legitimat.

Pertama, buka situs mereka. Setiap perusahaan di dunia modern ini akan menyediakan laporan tahunan mereka. Apakah anda temukan laporan tahunan mereka? Tidak, bukan? Oke, anda bisa saja tertipu dengan alasan mereka belum IPO. Apakah menurut anda, hanya sesaat sebelum IPO-lah sebuah perusahaan kemudian menyusun laporan keuangan mereka dan mempublikasikannya? Naif sekali. Bursa saham di manapun di muka bumi ini akan menolak sebuah perusahaan yang tidak memiliki laporan keuangan. Apalagi yang selama hidupnya belum pernah menyampaikannya.

Anda pernah mengikuti arisan RT atau kantor di mana anda menjadi anggota dan anda menyerahkan uang anda untuk mereka kelola? Apakah anda tidak pernah ingin mengetahui bagaimana kondisi keuangan arisan tersebut? Apakah uang anda aman, apakah bendahara anda jujur, dsb?

Nah, kalau anda sekarang menyerahkan sejumlah uang (jangan bilang hanya beberapa ratus ribu rupiah! Oh, itu, kan Panama!) kepada seseorang di seberang laut sana, apakah anda tidak ingin mendapatkan informasi keuangan dari mereka? Oke, anda bisa saja diberikan laporan keuangan oleh mereka, tapi mengapa tidak publik? Mengapa tidak semua orang lain yang secara potensial menjadi investornya? Tidakkah perusahaan-perusahaan publik di Indonesia–yang saya maksud publik di sini tidak hanya perusahaan yang telah mencatatkan dirinya di bursa saham, namun termasuk perusahaan yang mengumpulkan dana dari publik!–menyampaikan informasi keuangannya di situs mereka? Coba saja periksa!

Lalu mengapa VGMC tidak menyampaikannya? Siapa auditornya kalau memang ia memiliki laporan keuangan dan telah diaudit? Sebuah kantor akuntan di Panama juga, kah?

Di bagian paling bawah saya akan tunjukkan tautan ke sebuah laporan tahunan agar anda bisa membandingkan kredibilitas perusahaan emas betulan (dalam contoh ini adalah Barrick) dengan perusahaan VGMC, jika anda pernah menerima sebuah “laporan keuangan” darinya.

Kedua, ambil perusahaan tambang emas bernama Barrick, alamat barrick.com, sebagai pembanding situs VGMC itu. VGMC mengklaim bahwa mereka memiliki tambang. Di mana? Amerika Selatan dan Afrika? Oke, di mana di kedua benua itu? Bisakah anda tunjukkan?

Mari kita periksa situsnya di alamat http://vgmc.com/operations_gold_mining.aspx.
Apakah anda akan menemukan lokasi tambang mereka di alamat itu? Lucu sekali jika yang disampaikan di sana justru kendala-kendala yang dihadapi oleh sebuah perusahaan untuk menemukan, menambang, dan mengolah emas. Keluh kesah? Investor hanya diberikan keluh-kesah?

Mari bandingkan dengan situs Barrick. Dengan sub-bagian yang nyaris sama, “Global Operations”. Coba anda lihat, informasi apa yang dibukakan ke hadapan anda di alamat ini:
http://www.barrick.com/GlobalOperati…z/default.aspx.

Terus-terang saya paling suka menggunakan laporan tahunan perusahaan ini, terutama laporan keuangan tahun 1999 . Di sana, di dalam laporan tersebut, saya bisa membayangkan betul kekayaan perusahaan ini–dan kekayaan investor mereka, tentu saja–seandainya mereka memiliki perusahaan ini. Mengapa? Karena tambang mereka jelas, titik lokasi mereka betul-betul ada, dan seandainya saya ke sana, saya akan temukan tambang itu dan jika saya gali, saya akan temukan cadangan yang mereka klaim mereka punya. Bukan hanya sekuning isi septic tank!

http://www.barrick.com/Theme/Barrick…eport-2011.pdf
http://www.barrick.com/Investors/Ann…s/default.aspx
Mari kita lihat lagi situs VGMC dan renungkan apa maksud mereka di kalimat ini,
There is no reason to regret the fact that Virgin Gold has yet to own a gold mine outright, even after a decade in this business. It is rather a testimonial of how prudent this corporation is in its decision making and toward fulfilling its responsibility to its shareholders…. We are sure that at the appropriate time and with the right opportunity, Virgin Gold will have outright ownership in some of the better gold mines worldwide.

Halo…sebuah perusahaan tambang emas, tanpa tambang? Hey, bukankah jika anda ingin punya sebuah toko emas, maka yang anda lakukan adalah mencari emas, bukannya mengatakan bahwa setelah 10 tahun anda mendirikan toko emas anda dan anda tidak punya emas adalah karena anda berhati-hati? VGMC mengatakan bahwa mereka memang tidak memiliki tambang emas karena mereka berhati-hati! Atau, apakah maksudnya dari awal adalah bahwa anda harus berhati-hati terhadap perusahaan ini? Dan jangan menangis-nangis darah jika uang anda hilang ditelan oleh bumi?

Ketiga, ini benar-benar lelucon yang dimiliki VGMC. Sebuah perusahaan yang tidak terdaftar di bursa manapun, namun menjual saham! Dan saham itu langsung dijual kepada investor.

Adakah perusahaan yang legitimat melakukan hal seperti itu? Tentu saja ada. Anda bisa membeli saham perusahaan teman anda, orang tua anda, atau saudara anda tanpa perlu perusahaan itu masuk ke bursa dan anda langsung membeli kepada perusahaan itu.

Di dalam dunia bisnis modern hari ini, keamanan investor harus dijamin oleh pemerintah. Untuk itu pemerintah menetapkan aturan-aturan yang menjamin keamanan dana yang dihimpun dari investor dengan membuat aturan, di mana keberadaan bursa adalah salah satu bentuk penjaminan keamanan tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan yang membutuhkan dana tidak boleh menjual langsung sekuritasnya kepada investor. Harus melewati pasar modal. Anda tidak datang ke Bank BNI untuk membeli saham Bank BNI. Anda harus ke BEI untuk membeli saham Bank BNI. Anda harus ke BEI untuk membeli saham PT. Aneka Tambang, contohnya.

Jika VGMC bukan perusahaan yang terdaftar di bursa manapun, apakah boleh ia menjual sahamnya kepada investor? Ya, tentu saja boleh, sama dengan analogi anda membeli saham perusahaan ibu anda di atas. Tapi, jangan salahkan pemerintah jika anda tidak terlindungi dari penipuan, kecurangan, atau, dengan bahasa yang lebih halus, kegagalan perusahaan ini dalam usahanya.

Investor di pasar modal dilindungi dengan undang-undang sehubungan dengan pasar modal. Kinerja perusahaan dilegalisasi oleh kantor akuntan publik yang tunduk pada undang-undang akuntan publik. Uang yang anda depositokan di bank dilindungi dengan undang-undang perbankan dan aturan-aturan bank sentral yang lain.

Lalu, anda dilindungi oleh siapa pada investasi anda di VGMC? Undang-undang negara mana? Panama? Pernah lihat produk hukum apa yang akan melindungi anda?

Terakhir, di tautan di bawah ini terdapat daftar perusahaan tambang mineral di dunia. Apakah anda bisa menemukan VGMC di sana? Jika anda pilah perusahaan-perusahaan tersebut menjadi hanya perusahaan di Panama, anda juga tidak akan menemukannya, bukan?

http://www.24hgold.com/english/listc…ndamental=true
http://www.bloomberg.com/markets/com…old-mining/12/

Mengapa? Bukan perusahaan tambang emas? Ya, kan, sudah disebutkan di atas bahwa mereka tidak punya tambang? Lalu, emas yang anda beli itu emas siapa?

Lalu, apakah anda benar-benar telah memegang emas yang anda punya? Berapa gram? Seperti apa wujudnya? Anda simpan di mana di rumah anda? Sebuah kertas yang menyatakan bahwa anda memiliki emas? Ah, yang benar saja! Saya juga bisa berikan ke anda kertas sejenis.

Pemikiran pandir saya mengatakan bahwa (1) untuk membeli emas, saya harus datang ke toko emas yang saya percayai, (2) dan saya harus pulang dengan sebongkah emas; (3) saya tidak bisa pulang hanya dengan selembar informasi bahwa saya memiliki emas, dan hanya “dibujuk” dengan kenaikan harga emas milik saya saja; (4) jika saya ingin keluar dari bisnis emas, maka dengan mudah saya akan dapatkan semua uang saya SEMUA, SEKALIGUS dan (5) saya harus dengan mudah masuk dan keluar pasar emas sekehendak hati saya karena investasi saya dalam bentuk emas, logam paling mudah diperdagangkan di dunia, dari dulu hingga masa depan.

Saya tidak yakin VGMC bisa memenuhi satupun dari persyaratan pandir saya di atas. Saya sangat curiga bahwa perusahaan itu hanyalah sebuah perusahaan permainan uang (money game) dan mereka sedang menyedot uang dari mereka yang naif yang yakin bahwa kekayaan itu bisa diperoleh secara instan.

Anda yang telah menikmati uang dari VGMC mungkin akan mengira bahwa saya menjelek-jelekkan perusahaan ini. Kalau tidak puas dan menganggap bahwa saya hanya sedang menjelek-jelekkan perusahaan itu, silakan tuntut saya di muka hukum. Syaratnya, coba tarik dana anda dan dana orang-orang yang pernah anda ajak sebanyak yang telah anda tanamkan dan tunjukkan kepada saya bahwa uang anda telah selamat!

Jika anda tidak bisa keluar dari sana, atau anda tidak ingin keluar dari sana, silakan saja. Tugas saya hanya mengungkapkan betapa tidak normalnya bisnis emas tanpa emas, tanpa tambang emas ini. Banyak orang lain, mungkin, akan tercegah dari bencana dengan membaca satu dari banyak artikel yang telah mencoba memberi peringatan.

Kutipan Dari  http://febiarifstory.blogspot.com

Ada yang sudah ikut ‘berinvestasi’ saham emas VGMC? Yang sudah ikut kami ucapkan selamat atas deviden-devidennya. Yang belum ikut, kami sarankan jangan. Atau kalau memang mau ikut, ya cukup dengan dana minimum saja, dan batasi waktu untuk terlibat dalam ‘investasi’ tersebut cukup dalam jangka pendek saja.

 

Kenapa, karena dengan market growth (pertumbuhan nasabah) yang cukup drastis begini, terutama di Kota Padang, itu pyramidnya sudah kelebihan beban. Kelebihan beban untuk kemudian ambrol. Diperkirakan ya tinggal menunggu waktu. Mungkin satu tahun, dua tahun, tiga tahun (sesuai ‘target IPO’ mereka), atau malah lebih cepat dari itu.

 

Dalam dunia investasi keuangan, model bisnis yang dijalankan oleh VGMC dan sejenisnya ini termasuk dalam skema Ponzi. Definisi detail skema Ponzi sendiri bisa lah Tuan search di google.

Kenapa kami beranikan mengopinikan demikian, karena kami pribadi sudah datang langsung dan menanyakan model investasinya ke kantor/perwakilan VGMC yang ada di Padang. Oh maaf, bukan kantor VGMC, tetapi kantor komunitas yang memperdagangkan saham milik VGMC, karena VGMC ini sendiri tidak memiliki cabang di Indonesia.

Jadi beberapa hari lalu saya dan Early berkunjung ke kantor tersebut dan berdiskusi dengan salah seorang petugasnya, karena jujur kami penasaran dengan return-return yang ditawarkan oleh VGMC ini. Menarik.

Kalau masalah legalitas jelas-jelas BAPEPAM-LK dan lembaga-lembaga terkait memberitahu seperti di link ini. Selain itu sudah cukup banyak artikel yang membahas seperti di sini atau di sini. Sudah jelas dibahas bahwa mereka samasekali tidak memiliki perizinan di Indonesia, artinya jika dikemudian hari investor merasa ditipu ya lembaga peradilan di Indonesia tidak akan bisa membantu. Kalau mau ya nuntut langsung ke Dubainya sana.

Sampai di sini mungkin sudah ada yang mengonter tulisan ini dengan ungkapan seperti “ah, dari dulu aman-aman saja kok, dan kalaupun bisnisnya nggak jelas ya terserah saja, saya sudah dapat gain banyak ini.” Sekali lagi kami mengucapkan selamat atas gain tersebut.

Namun mungkin perlu disampaikan bahwa kita ada memiliki perbedaan arah pembicaraan dengan komentar semacam itu. Kami sebenernya melalui ini ingin mengajak masyarakat menjadi smart investor. Karena kalau investor berkata ‘terserah mau bisnis emasnya asli atau tidak, yang penting saya dapat gain’, maka kami yakin jika VGMC ini berbisnis tuyul pun investor seperti itu samasekali tidak merasakan masalah.

Oke lanjut, selain legalitas yang tidak ada, perlu diketahui juga bahwa perusahaan VGMC ini tidak benar-benar ada. Apalagi ‘tambang emas’ yang mereka yakinkan kepada nasabah. Kami akan coba fokus membahas dalam tatakelola perusahaan saja.

Begini, dalam  standar penjalanan operasional perusahaan, yang namanya investor itu adalah pemodal dari perusahaan itu sendiri. Ketika kami berdiskusi dengan tradernya itu, disebutkan bahwa investor tidak bisa memperoleh/mengakses laporan keuangan perusahaan. Meeennnnnnnn…. Bayangkan, anda memberi orang modal kerja, namun orang tersebut tidak mau memberi tau anda hasil kerjanya? Fuck.

Bahkan, berapa luas lahan tambang, dimana-mana saja lokasi tambang, berapa yang telah berhasil dieksplorasi pun tidak bisa ketahui. Meeeennnnnnnnn…. Bayangkan, ada orang minta modal usaha kepada anda, pas anda tanya dimana lokasi usahanya mereka malah ga mau bilang? Fuck.

VGMC mendalihkan pertanyaan-pertanyaan seperti itu dengan yang namanya ‘dividend emas’ kepada pemegang sahamnya. Setau saya, dalam keputusan pembagian dividen perusahaan, harus didahului dengan RUPS, na ini kapan RUPS nya saja kita nggak tau, atau mungkin ada, tapi kita sebagai investor tidak di undang. Meeeeennnnnnn….. Ada orang yang anda modali kerja mau membagikan hasil usahanya tapi pas rapatnya anda tidak diberi tahu samasekali? Fuck.

Dividen yang dibagikan itu rutin dan berjumhlah stabil. Dari hasil percakapan kami trader VGMC itu mengatakan dividen dibagi berdasar hasil jual emas di lahan tambangnya. Kita tentu tau bahwa harga emas itu naik turun di pasar, namun mereka mau memberi imbal hasil tetap?

Dari situ saja sudah dapat tersimpulka bahwa VGMC itu tidak riil ada secara entitasnya sebagai perusahaan tambang. Setuju? Sebrengsek-brengseknya Freeport sebagai perusahaan tambang emas level dunia mengekploitasi tanah Papua, namun mereka masih tetap menjabarkan dimana-mana saja lahan mereka, apa yang akan ditambang, berapa jumlah pekerja, dan bahkan setelah semua itu mereka tidak serta merta buka kantor pusat di negara bebas pajak seperti Panama.
Yang kemudian menimbulkan pertanyaan lanjutan, dari mana VGMC bisa membagi imbal hasil yang jumlahnya tetap, rutin tiap bulan, dengan jumlah yang luar biasa di atas instrumen-instrumen investasi resmi lain?

Maka kalau the real smart investor sampai di sini sudah akan memutuskan untuk tidak melakukan investasi di sana dengan menimbang legalitas usaha dan bentuk usaha nyata perusahaan.

Nah, bagi yang masih tergiur dan lanjut juga, sebaiknya ubah cara pandang. Jangan pertimbangkan samasekali hitung-hitungan bisnis tambang emasnya karena nyata-nyata abal-abal. Jadi lihatlah dari skema Ponzi nya itu sendiri. Dari sistem member-membernya.

Dari hitung-hitungan yang dijabarkan oleh trader VGMC waktu kami berkunjung ke sana jelas tersirat bahwa ‘dividen’ rutin yang berjumlah wah untuk ukuran investasi bulanan itu berasal dari investor baru yang masuk. Karena dari tiap investor baru yang masuk, investor lama akan mendapat 10% dari investasi investor baru tersebut. Itu baru bonus get membernya saja.

Lantas dari mana dividen-dividen itu diperoleh? Ya dari sisa 90% dana investasi investor baru tersebut. Karena jelas dana investasi tersebut itu tidak akan digunakan untuk eksplorasi tambang apa pun. Jelaskah?  Jika jumlah investor baru semakin sedikit, maka dividen-dividen tersebut kemudian akan tersendat. Untuk selanjutnya apa? Ya apa lagi kalau bukan sistem yang ambruk.

Sehingga berikut ini tips-tips dari kami bagi yang masih nekat ikut model bisnis demikian:

1. Sertakan dana terbatas saja. Dan pastikan jikapun kemudian uang tersebut tidak kembali, perekonomian sehari-hari anda tidak terganggu.

2. Cukup sekali termin ikutnya. Mengingat dalam VMC ini sekali termin 45 hari dan jika ditarik baru bisa  45 hari kemudian. Total 90 hari. Sangat tidak likuid untuk ukuran yang katanya sistem online. Selain itu karena VGMC ini sudah cukup lama untuk bisa tetap bertahan sampai sekarang, ambrolnya tinggal tunggu waktu. Lain hal jika VGMC dan bisnis model sejenis baru masuk ke Indonesia.

3. Jangan ajak-ajak orang-orang tua/perekonomian pas-pasan. Kasian, mereka awam investasi. Jika terjebak ini akan justru membuat massyarakat antipati terhadap sistem investasi financial apapun.

4. Jika kemudian akhirnya terjebak dan bisnis ini amblas, jangan mengadu/meminta pertanggungjawaban/memprotes lembaga-lembaga pemerintah seperti polisi/kehakiman/dll. karena itu akan sangat norak sekali Tuan. Sudah jelas-jelas pemerintah tidak memberi izin terhadap jenis bisnis ini masih ikut juga,.

Lagipun yang dari polisi/pejabat itu sendiri cukup banyak yang ikut bisnis ini sehingga mereka juga tidak mau repot-repot mengusut kasusnya. Karena kalau diusut justru akan menimbulkan pertanyaan lanjutan kepada mereka: dapat duit dari mana kok bisa ikut bisnis tersebut dalam jumlah banyak?

Kami jadi teringat dengan kasus QSar dahulu dengan dasar yang mirip dengan VGMC ini. Cuman beda modus ada, VGMC berdalih bisnis tambang, QSar berdalih bisnis agriculture. Nasibnya kemungkinan juga sama, tidak akan terusut tuntas. Jika sampai demikian terbukti kembali sebuah pepatah lama dalam dunia investasi: History repeat itself!

Artikel Di atas diambil dari berbagai Sumber. Silahkan cek kebenarannya, cermati, review, dan renungkan. Jika ada Kritik dan Saran Silahkan Komen di Bawah ini. 

Update 7 Oktober 2012
1)Emas;
-berdasarkan pengumuman dr vgmc bahwa semua aset emas vgmc (saham kita) sedang dalam proses transfer ke PCEF (professional closed end fund) yg akan mengatur aset manajemen dalam persiapan menuju pendaftaran IPO.
-semua pemegang saham akan diberikan individual login (account) yg secara detail dpt memonitor asetnya(saham) melalui portal/website baru yg dibuat/diset oleh PCEF pada bulan December ini. Portal baru ini akan diaudit oleh pihak ketiga untuk memastikan keaslian dan keakuratannya.
-saat VGMC mengalihkan asetnya, maka semua kegiatan menarik saham/unsub dan pencairan dana deviden/withdrawal tidak boleh dilakukan selama kurun waktu itu.
-akhirnya, berdasarkan penjelasan Mr.Bogdan Raduca (GM of Dubai office), kita para pemegang saham emas diperbolehkan melakukan transfer saham kita ke pemegang saham lain di bulan December 2012 ketika semua aset emas sudah dikuasai secara penuh oleh PCEF.
-info lengkap tentang transfer saham akan kita ketahui di info selanjutnya.
-aset gold/emas dan aset platinum itu beda proyek. Spt yg sudah dijelaskan kepada semua VGA ketika mereka di Hongkong bahwa saham emas tidak dapat ditransfer ke saham platinum. Ini adalah cara untuk tetap menyimpan jumlah aset yang akan diatur oleh PCEF.
-nanti kita akan diberikan surat deklarasi/persetujuan dlm waktu dekat dimana sebagai alat kita melampirkan data pendukung dan dokumen yg di submit/dilampirkan. Dokumen tersebut akan ada pada portal baru kita yg dibuat oleh PCEF. Untuk jelasnya ttg formulir yg akan diunduh dan disubmit akan kita ketahui nanti (mari kita tunggu informasi formulir selgkpnya dari VGMC).
-untuk yang melakukan penarikan saham sebelum tgl 1 Oktober kemaren, kredit akan tetap dikembalikan ke mereka setelah 45 hari kerja. Kredit tersebut bisa digunakan untuk membeli saham platinum.
-untuk website/portal yg baru, kita tidak pernah tau seperti apa bentuknya. Tapi Mr. Rahim meminta untuk melihat di www.barrick.com sebagai contoh dari PCEF portal. Mgkn ini tidak akan mirip tapi setidaknya anda punya gambaran sedikit tentang website/portal yg baru yg akan kita dapatkan. www.barrick.com adalah salah satu perusahaan emas terbesar.
– VGMC sangat ingin sekali terus memberikan deviden bulanan kepada semua pemegang saham dan tidak mau menyebarluaskan berita mereka menuju IPO secepat ini. Namun situasi yg tidak mengizinkan kepada mereka utk menunda terutama yg berhubungan dengan peraturan internasional seperti keputusan Mareva yang akan menjatuhkan/membekukan aset VGMC. Hal ini baru saja terjadi pada beberapa perusahaan yg dijatuhkan oleh peraturan tersebut. Semua itu bknlah pilihan yg mudah bagi VGMC tapi demi menuju transfer semua aset ke PCEF. Proses transfer aset ke PCEF ini akan membuat aset VGMC aman di bekukan/disimpan dan secara otomatis juga mengamankan seluruh aset pemegang saham di dalam proses tersebut.
– VGMC juga tidak ingin telat memberikan informasi kepada pemegang saham tentang resiko yg kita dapat dari peraturan tersebut.

2) platinum:
– platinum dulu ditawarkan hanya kepada pemegang saham premier, sekarang ditawarkan kepada pemegang saham biasa.
– saham platinum hanyalah pilihan TIDAK HARUS
-siapa yg tertarik untuk membeli saham platinum diharuskan untuk mencapai/ memiliki 10.000 lembar saham SEBELUM 1 December 2012.
-siapa yang tidak mau membeli, maka account vgmc yg lama akan otomatis tutup dan akan melihat aset mereka pada portal/account yg lain yang dibuat oleh PCEF.
– saham platinum yg ditawarkan merupakan bagian dari VGMC agar tetap menjaga hubungan dengan pemegang saham yang lama yg masih ingin tetap berhubungan dgn VGMC
– untuk pemegang saham dari malaysia, hanya pemegang saham yg lama yg bisa membeli saham platinum, pemegang saham baru tidak diperkenankan ikut.
– saham platinum akan sama seperti emas, contoh: komisi 10%, pairing bonus, dll
Kami juga telah diskusi mendalam dengan salah satu pemegang saham yg mempunyai pengalaman IPO sebelumnya. Dia mengatakan bahwa:
1) Ini adalah proses yg normal untuk mengalihkan aset kepada PCEF untuk mengaturnya sebelum IPO, karena hanya perusahaan PCEF yang mempunyai bekal/pengalaman mengatur simpanan dana dengan pengetahuan yg mereka miliki tentang mengatur aset sebelum siap untuk IPO.
2) Dari semua yg terjadi pd VGMC, mereka benar2 menuju proses untuk IPO
3) Dia juga mengatakan bahwa pasti ada sesuatu yang akan menghalangi j-jika saham(emas) terus dilakukan oleh vgmc jika tidak segera mengambil tindakan mendadak untuk mempercepat jadwal mereka menuju IPO.. VGMC yg mendadak memindahkan semua aset emas kepada PCEF adalah tindakan/pilihan yg cerdas untuk mengamankan aset emas dan otomatis juga mengamankan aset pemegang saham.
4) Dia telah membaca sendiri berita&media di vgmc dan menasehatkan saya dan beberapa orang yg hadir bahwa jangka waktu 12-15 bulan itu hanyalah indikasi saja.. Karena kata2 “KURUN WAKTU” itu bisa berarti bahwa semua aset sudah siap untuk didaftarkan, dan “KURUN WAKTU” juga berarti waktu yg sangat singkat untuk menunggu.. (Berapa lama pastinya dia tidak mengatakannya).. Tapi sekarang semua itu tergantung dari keahlian PCEF.

Kenapa kalau mau IPO malah dibekukan??? bukankan menambah pajak kepemerintah??? Kenapa mau dibekukan??? Karena :

Salah satu contoh
1. Meng claim dan membodohi seolah olah sudah IPO.
2. Meng hack beberapa situs supplier alat berat, seolah olah VGMC sudah investasi di africa
3. Mengalihkan pencarian kata tertentu di google lewat robootx.txt
4. Yg utama menyalahi ijin di panama utk penjualan CPS ke publik. Pihak panama sendiri sudah melarangnya
5. Masih banyak lg,

Memberikan info seolah-olah sudah IPO dengan memberikan link ke http://thestockmarketwatch.com/stock/?stock=VGMC dengan kode stock VGMC. padahal itu semua pembodohan. Silahkan masukkan kata DUIT maka hasilnya juga tidak jauh berbeda. VGMC Yg di stockmarketwatch.com bukan VGMC yg mining companya tapi VGM CAPITAL INC , stock code nya VGMC, Coba lihat pelan pelan ke bawah akan ada tulisan VGM CAPITAL. dia listing di bursa kanada sejak tahun 1990 an. Tapi skrg sudah unlisting, tapi di marketwatch masih muncul, makanya DUIT tidak muncul krn tidak ada kata yg mendekati stock code tsb. Coba ketik ASEP akan muncul american Steel expert (ASEP).

SUMBER : Ladangduit.com Kumpulan Bisnis dan Investasi Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: